data-config="{'skin':'skins/scmGreen/skin.css','volume':100,'autoplay':true,'shuffle':false,'repeat':1,'placement':'top','showplaylist':false,'playlist':[{'title':'Nurul Musthofa-Ya Dzaljalali Wal Ikram ','url':'http://www.youtube.com/watch?v=_eV6T3hpwEA'},{'title':'Nurul Musthofa-Ya Robbi Sholli Ala Muhammad','url':'http://www.youtube.com/watch?v=2vwjFDiMhv0'}]}" >


Senin, 01 April 2013

Sejarah April Mop.



Oleh: Irene Handono
Pakar Kristologi, Pendiri Irena Center

April Mop adalah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol olh tentara salib yg dilakukan lewat cara2 penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yg sangat menyedihkan dan memilukan, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol thn 1487M (892H).

Di saat tentara salib menguasai kembali Spanyol dari tentara Islam. Penyerangan oleh pasukan salib benar2 dilakukan dgn kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak kecil, orang-orang tua. Satu-persatu daerah di Spanyol jatuh. Granada adalah daerah terakhir yg ditaklukkan.

Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (disebut orang Moor) terpaksa berlindung dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Mereka dijanjikan bisa berlayar dengan kapal. Lalu ribuan umat muslim keluar menuju dermaga. Sesampainya disana, kapal-kapal itu dibakar oleh tentara salib. Mereka terkepung oleh pedang. Dgn satu komando, tentara salib membantai mereka tanpa ampun. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yg kemudian diperingati oleh dunia kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop. Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain.

Siapapun orang Islam yang turut merayakan April Mop, dia tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, 5 abad silam.

Perhatikan hadis ini: "Siapa saja yang menyerupai suatu kaum, dia termasuk golongan mereka."
(HR. Abu Dawud, Ahmad)

"Siapa di antara kamu yang berloyal kepada mereka, sungguh ia bagian dari mereka"
(QS.5:51).

Sekarang, pantaskah kita dengan gembira merayakan April Mop??

Ya Allah semoga kami termasuk orang yang dihindarkan dari mengikuti budaya-budaya yang kafir. Apalagi ternyata budaya tsb merupakan perayaan dibantainya saudara kami Umat Muslim tatkala itu. Aamiin Ya Rabbal'alamiin.

=====( Semoga Bermanfaat )=====

Tidak ada komentar:

Posting Komentar