data-config="{'skin':'skins/scmGreen/skin.css','volume':100,'autoplay':true,'shuffle':false,'repeat':1,'placement':'top','showplaylist':false,'playlist':[{'title':'Nurul Musthofa-Ya Dzaljalali Wal Ikram ','url':'http://www.youtube.com/watch?v=_eV6T3hpwEA'},{'title':'Nurul Musthofa-Ya Robbi Sholli Ala Muhammad','url':'http://www.youtube.com/watch?v=2vwjFDiMhv0'}]}" >


Rabu, 14 Agustus 2013

Muhasabah Iman & Taqwa (Kembali Pada Allah)

Aku memandang teliti wajah & tubuhku di depan cermin. Tampaklah seorang lelaki muda berpostur sedang. Ini tahun 2013. Dan berarti sudah 21 tahun 2 bulan aku hidup di muka bumi ini.

Aku memegang kedua belah pipiku dengan kedua tanganku. Sudah sebesar-dewasa-inikah aku? Aku yang awalnya seorang balita yang lemah, belum dapat berbicara, belum dapat berjalan, belum dapat melakukan aktivitas apapun, belum tahu menulis, membaca, tiba-tiba menjadi sosok lelaki yang bisa melakukan semua itu.


Perjalanan hidup seorang manusia yang dimulai dengan bertemunya satu sel sperma & satu ovum. Kemudian menjadi embrio, janin, bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa & akhirnya menjadi manula-sifatnya menjadi anak-anak kembali-.



Kugunakan akal & hati nuraniku. Aku dahulunya TIDAK ADA, kemudian menjadi ADA. Seorang lelaki. Seorang muslim-insya Allah, istiqomah-. Padahal secara logika, aku dahulunya dimana?

Mengapa tiba-tiba menjadi ADA?
Menjadi seonggok tubuh yang dulu tidak pernah ada, lalu menjadi suatu kesatuan bentuk tubuh yang begitu SEMPURNA.


Aku bertafakkur (berfikir mendalam). Mengapa aku yang dulu TIDAK PERNAH ADA sebelum tahun 1992, tiba-tiba menjadi ADA tepat pada tanggal 07 Juni 1992?


Banyak sekali pertanyaan tentang keber'ADA'anku di muka ini berkecamuk dalam pikiran. Kadang aku sampai mengira-ngira & mengada-ngadakan pertanyaan tentang diriku dan penciptaanku.

Tetapi hati nuraniku menolaknya. Aku tak meneruskan prasangkaku. Aku tahu jika aku mengira-ngira tentulah aku termasuk orang yang berlebih-lebihan dan melampaui batas. Aku harus mencari petunjuk tentang mengapa dan untuk apa aku ada di dunia ini? Dan aku melirik mushaf merah muda di atas lemariku. Kuraih dan kucium sampulnya, kubuka lembar demi lembar Ayat-Ayat Cinta-Nya. Aku duduk di atas sajadah terbentang menghadap kiblat.

Dan ... Allahu Akbar!!!


-Ya Rabb ... Izinkan air mataku menjadi saksi atas tanda-tanda Kebesaran dan Kekuasaan-Mu"


Mataku memanas. Perih, sakit, seperti ada jarum-jarum kecil yang menusuk-nusuk pupil mataku. Butiran keringat kecil menggantung di dahiku. Pandanganku mengabur. Bibirku bergetar membaca Firman-Nya, dan DIA menjawab semua pertanyaanku ...!


1. Mengapa aku diciptakan? 
 
"DIA-lah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah (pemimpin) di bumi. Barangsiapa kafir, maka (akibat) kekafirannya akan menimpa dirinya sendiri. ..."
{QS. Faatir, 35:39}

2. Untuk apa aku diciptakan? 
 
"AKU tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka BERIBADAH kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rezeki sedikit pun dari mereka & Aku tidak menghendaki agar mereka memberi makan kepada-Ku."
{QS. Az-Zaariyaat, 51:56-57}

3. Apa keutamaan hidupku di dunia ini? 
 
"DAN sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadah kepada-Nya dengan sepenuh hati."
{QS. Al-Muzzammil, 73:8}

4. Apa pedoman hidup ku? 
 
"DAN ini adalah kitab Al-Qur'an yang Kami turunkan dengan penuh berkah. Ikutilah, dan bertakwalah agar kamu mendapat rahmat."
{QS. Al-An'aam, 6:155}

5. Darimana datangnya sesuatu (kebaikan dan keburukan) yang menimpaku? 
 
"TIDAK ada suatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barang siapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya & Allah Mahamengetahui segala sesuatu."
{QS. At-Tagaabun, 64: 11}

6. Mengapa agama terbagi menjadi beberapa golongan? 
 
"DAN sungguh (agama tauhid) inilah agama kamu, agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka bertakwalah kepada-Ku. Kemudian mereka terpecah belah dalam urusan (agama)nya menjadi beberapa golongan. Setiap golongan (merasa) bangga dengan apa yang ada pada mereka masing-masing. Maka biarkanlah mereka dalam kesesatannya sampai waktu yang ditentukan."
{QS. Al-Mu'minuun, 23:52-54}

7. Dan setelah ini aku akan kemana? 
 
"DAN Dialah yang telah menciptakan bagimu pendengaran, penglihatan & hati nurani, tetapi sedikit sekali kamu bersyukur. Dan Dialah yang menciptakan & mengembangbiakkan kamu di bumi & kepada-Nyalah kamu dikumpulkan."
{QS. Al-Mu'minuun: 23: 78-79}


Aku dulu TIDAK ADA, kemudian menjadi ADA, lalu TIDAK ADA kembali di muka bumi. Kemudian menjadi ADA lagi setelah di bangkitkan (dari kubur) dan akhirnya hidup KEKAL (dalam Syurga atau Neraka).

Bagi saya, ini adalah hal yang sangat LUAR BIASA.

Mengapa?

Karena di balik pertumbuhan & perkembangan manusia ada yang memerintahkan & mengendalikan agar tulang terus berkembang sampai usia yang ditentukan, perubahan bentuk tubuh, perubahan suara, perubahan sikap, perubahan berat badan, perubahan tinggi badan. Dan subhanallah ...


Siapakah yang memerintahkan perubahan itu terjadi pada diri kita?


Tentu Dia-lah ALLAH Subhanahu wata'ala, Sebaik-baik Pencipta, Penguasa bumi, langit, apa yang ada di antara keduanya & segala isinya.


o o O o o


#dalam diam aku bermuhasabah (intropeksi) iman &akhlak.


"TELAH semakin dekat manusia perhitungan amal mereka, sedang mereka dalam keadaan lalai (dengan dunia), berpaling (dari akhirat)."
{QS. Al-Anbiyaa', 21:1}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar