data-config="{'skin':'skins/scmGreen/skin.css','volume':100,'autoplay':true,'shuffle':false,'repeat':1,'placement':'top','showplaylist':false,'playlist':[{'title':'Nurul Musthofa-Ya Dzaljalali Wal Ikram ','url':'http://www.youtube.com/watch?v=_eV6T3hpwEA'},{'title':'Nurul Musthofa-Ya Robbi Sholli Ala Muhammad','url':'http://www.youtube.com/watch?v=2vwjFDiMhv0'}]}" >


Jumat, 17 Mei 2013

Jangan Lupakan Bismillah.

DALAM Hadits Rasulullah saw bersabda, “Setiap pekerjaan yang baik, jika tidak dimulai dengan “Bismillah” (menyebut nama Allah) maka (pekerjaan tersebut) akan terputus (dari keberkahan Allah)”.

Dan itu artinya setiap kegiatan yang bermula dengan “Bismillah” adalah berpahala dan penuh keberkahan. Kadang kita menganggap hal tersebut adalah sepele, dan tidak sadar memulai segala aktivitas atau kegiatan tanpa mengucapkan kalimat bismillah, padahal di sisi Allah merupakan kebaikan yang bernilai besar, diberkahi atau tidaknya perbuatan dan aktivitas seseorang tergantung pada saat memulainya.

Lalu sebenarnya apa sih keistimewaan dari bismillah sehingga Allah dan Rasul-Nya mensyariatkan kepada kita untuk memulai segala aktivitas, perbuatan dan kegiatan dengan membaca bismillah?


Keutamaan

Banyak keutamaan dari membaca basmalah, di antaranya :


1. Terjaga dari setan

Membaca basmalah merupakan tanda kita mengingat Allah. Dengan mengingat Allah, maka setan tidak akan mendekati kita, bahkan tidak akan mendapatkan tempat beristirahat dan makan karena setan tidak memasuki rumah yang penghuninya selalu mengingat Allah. Rasulullah bersabda : “Apabila seorang masuk ke rumahnya dan mengingat Allah (berdzikir) ketika masuknya dan ketika makan, maka setan berkata: ‘Tidak ada tempat istirahat dan makan malam untuk kalian.’ Dan apabila ia masuk dan tidak mengingat Allah ketika masuk, maka setan berkata: ‘Kalian telah mendapatkan tempat istirahat.’ Dan apabila ia tidak mengingat Allah ketika makan, maka iaberkata:’Kalian mendapatkan tempat istirahat dan makan malam’.”

2. Berkah

Setiap kegiatan baik yang kita lakukan insya Allah akan diberkahi Allah dengan bacaan basmalah. Sehingga nilai kebaikan dalam kegiatan tersebut akan tertanam suatu saat nanti di akhirat kelak.

3. Terlindung dari gangguan jin

Rasulullah SAW bersabda : “Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka melepas pakaiannya, ialah dengan membaca Bismillah.”. Masih lupa membaca basmalah? Ingatlah selalu bahwa dalam basmalah terkandung banyak kebaikan dan berkah yang sangat besar. Mulai sekarang biasakan melakukan sesuatu bersama Allah melalui kata basmalah. Insyaallah berkah.

Bahkan sebagian ulama salaf mengatakan bahwa “bismillah merupakan inti kandungan ajaran Islam” karena di situ ada unsur keyakinan terhadap Allah yang telah memberikan kekuatan sehingga seseorang dapat melakukan aktivitas yang diinginkan, pangakuan akan ketidakberdayaan seseorang di hadapan Allah Taala. “La haula wala quwwata illa billah (Tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah). Apalagi kalau bacaannya kita sempurnakan dengan kata bismillahirrahmanirrahim maka kita telah meyakini akan kebesaran Allah yang telah memberikan nikmat dan karunia, kasih sayang dan rahimnya kepada seluruh makhluk-Nya.

Dan bagi orang beriman-kegiatan atau aktivitas adalah sarana menebar kebajikan, baik kata maupun perbuatan selalu memberikan kebaikan pada dirinya dan orang lain. Jadi jangan lupakan bismillah dimanapun kita berada, ucapkan lah setiap ingin melakukan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar