data-config="{'skin':'skins/scmGreen/skin.css','volume':100,'autoplay':true,'shuffle':false,'repeat':1,'placement':'top','showplaylist':false,'playlist':[{'title':'Nurul Musthofa-Ya Dzaljalali Wal Ikram ','url':'http://www.youtube.com/watch?v=_eV6T3hpwEA'},{'title':'Nurul Musthofa-Ya Robbi Sholli Ala Muhammad','url':'http://www.youtube.com/watch?v=2vwjFDiMhv0'}]}" >


Sabtu, 27 Juli 2013

Kolo Toure: “Saya Selalu Berpuasa Penuh Setiap Tahun”

TAHUN ini Kolo Toure genap berusia 32 tahun. Lebih dari sepuluh tahun ia bermain bola di Inggris. Tenar di Arsenal, ia kemudian dibeli mahal oleh Manchester City. Tahun ini habis kontrak di City, ia digaet oleh Liverpool. 
 
Toure, asal Pantai Gading, adalah salah satu pemain bola Muslim di Liga Primer. Dibandingkan manapun, liga sepak bola Inggris jauh lebih keras. Mengandalkan bola-bola kick and rush, Liga Inggris menuntut fisik yang prima. Tuntutan fisik, di bulan Ramadhan seperti ini jelas lain cerita. 

Bagaimana Toure menyikapi soal puasanya di bulan Ramadhan di tengah persiapan musim depan? Berikut petikan wawancaranya: 

Bagaimana puasa Anda sekarang ini?


Anda pasti membutuhkan disiplin. Bagi saya, lima hari pertama puasa itu sulit tapi setelah itu, tubuh saya mulai beradaptasi dan Anda akan merasa benar-benar bahagia,

Mengapa begitu? Mengapa puasa membuat Anda bahagia?


Ketika puasa, Anda membersihkan tubuh Anda, dan Anda merasa lebih kuat setelah Ramadhan. Saya baru saja menonton sebuah program di BBC tentang Demba Ba (penyerang Chelsea). Dan ia mencetak banyak gol setelah Ramadhan karena dia jauh lebih bugar. Saya pikir itu menakjubkan bagaimana Ramadhan dapat membuat Anda benar-benar kuat.

Setiap tahun, Anda kabarnya selalu berpuasa..


Saya sudah berkarir di Inggris selama bertahun-tahun. Sangat penting Anda harus selalu makan dengan baik. Sangat penting bahwa Anda makan makanan yang tepat karena Anda bisa kelebihan berat badan atau Anda kekurangan makanan dalam tubuh Anda. Saya minum sangat banyak malam harinya.

Bagaimana dengan situasi di Livperpool berkenaan dengan ritual puasa Anda?


Semua orang di klub, berikut dokter sangat membantu dan mendukung. Mereka memberi saya banyak hal yang membantu saya merasa lebih baik.

Anda masih berpuasa selama latihan?


Bagi saya, berlatih ketika berpuasa tidak masalah karena secara mental saya siap untuk itu. Saya tetap memberikan 110 persen kemampuan saya dalam pelatihan, saya tidak akan pernah mengatakan:

‘Tidak, saya tidak ingin melakukan latihan seperti itu.’ Saya ingin berlatih sama kerasnya, saya ingin membantu rekan setim saya, dan saya ingin memenangkan setiap pertandingan.

Apa arti Ramadhan buat Anda?


Saya akan merayakan seperti setiap Muslim lainnya di dunia, dengan keluarga, istri dan anak-anak saya. Mereka akan berada di Liverpool sini nanti.

Dan bagaimana dengan lebaran?


Itu hari kemenangan. Semua orang sangat senang karena telah menjalani bulan yang sulit, sehingga lebaran menjadi bagian penting. Kami akan makan-makan, merayakannya, dan saling memberikan salam. Kami menikmati hari itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar